Home » Berita » Sejarah, Tema dan Logo Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN)

Sejarah, Tema dan Logo Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN)

Kamis, 19 Desember 2019

Sejarah Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tidak bisa dipisahkan dari perang mempertahankan kemerdekaan yang terjadi diantara tahun 1945-1948 yang juga mengakibatkan permasalahan sosial yang semakin bertambah. Pada Bulan Juli 1949, Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus Bimbingan Sosial bagi Calon Sosiawan atau Pekerja Sosial, dengan harapan dapat menjadi mitra bagi pemerintah dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi.

Lalu pada tanggal 20 Desember 1949 diciptakanlah lambang pekerjaan sosial dan kode etik sosiawan. Tanggal 20 Desember dipilih karena tanggal 20 Desember 1948 merupakan peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara, yaitu pada tanggal 20 Desember 1948, sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta.

Lalu, setiap tanggal 20 Desember diperingati sebagai Hari Sosial. Peringatan Hari Sosial pertama diperingati pada tahun 1958 dicetuskan oleh Menteri Sosial Bapak H. Moeljadi Djojomartono. Pada peringatan XIX tepatnya 20 Desember 1976, nama Hari Sosial diubah menjadi Hari Kebaktian Sosial oleh Menteri Sosial Bapak HMS. Mintardja, SH.

Nama Hari Kebaktian Sosial kemudian diubah lagi menjadi Hari Kesetiakawan Sosial Nasional (HKSN) pada peringatan ke XXVI tanggal 20 Desember 1983 oleh Menteri Sosial Ibu Nani Soedarsono, SH. Pada Peringatan HKSN 2015 Menteri Sosial RI telah mengeluarkan kebijakan berupa Permensos No. 10 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Penguatan Kesetiakawanan Sosial, yang di dalamnya termaktub tentang pembudayaan kesetiakawanan sosial melalui upaya :

a. Pembinaan Karakter
b. Bulan Bakti Kesetiakawanan Sosial
c. Penyelenggaraan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional
d. Persemaian Budaya Kesetiakawanan Sosial dan
e. Aksi Sosial

Kelima upaya ini untuk selanjutnya menjadi garis kebijakan Nasional sebagai penggerak implementasi Kesetiakawanan Sosial Nasional (KSN) di seluruh Indonesia.

Infografis Sejarah HKSN

Logo HKSN 2019

Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2019 mirip dengan logo HKSN sebelumnya. Hanya saja perbedaannya ada pada tulisan tema HKSN 2019 yaitu Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas.

Visual Dua Tangan masih mewarnai logo HKSN 2019. Filosofi simbol ini adalah tangan satu berada di atas dan tangan satunya lagi berada di bawah dengan di tengah terdapat logo KSN adalah simbolisasi dari sikap dan rasa gotong royong/ tolong menolong terhadap sesama makhluk Tuhan Yang Maha Esa.

Secara garis bersar Logo Tema HKSN 2019 mengandung makna sebagai berikut : Nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial diharapkan mampu menembus sekat-sekat perbedaan seperti suku, agama, latar budaya, adat istiadat, pendidikan, status sosial, latar geografis dan seterusnya. Dibutuhkan media untuk menerobos batas perbedaan ini sehingga tercapai kohesi sosial yang tampak nyata di masyarakat, kembali rukun dan membangun Indonesia bersama-sama.

Logo HKSN 2019

Leave a Reply